Tips Perawatan Lovebird Agar Sehat , Aktif dan Rajin Berkicau

Tips Perawatan Lovebird Agar Sehat , Aktif dan Rajin Berkicau. Burung kicauan yang sering di ikut lombakan dengan kualitas kicauan yang baik tentunya membutuhkan pemeliharaan yang baik, agar kemampuan berkicau dapat di setting hingga meningkat kemampuan berkicauannya seperti yang inginkan oleh pemilik burung itu sendiri.

Perawatan Lovebird

Perawatan Lovebird

Bicara tentang burung lovebird, tentunya memiliki cukup banyak minat yang banyak di Indonesia, karena selain memiliki suara kicauan yang indah, maka jenis lovebird dari berbagai macam warnanya menjadi daya tarik seseorang untuk memeliharanya.

Dan tentunya untuk jenis-jenis warna lovebird memiliki harga yang berbeda-beda, dimulai dari harga 100.000 rupiah hingga memiliki harga yang bisa mencapai puluhan juta rupiah. Dan terkadang bisa mencapai ratusan juga rupih jika memiliki kualitas suara kicauan baik dan sering menjuarai suara kicauan.

Bicara tentang harga lovebird itu sendiri tentunya banyak hal yang mempengaruhinya, seperti kualitas kicauan, turunan yang berkualitas, warna lovebird  dan lain sebagainya. Dan salah satu yang dapat membuat harga lovebird menjadi anjlok karena terlalu banyak jumlah lovebird itu sendiri, dan banyak para penjual burung menjualnya dengan harga murah.

Dalam setiap perawatan yang dilakukan, tentunya kesehatan lovebird menjadi hal yang harus didapatkan oleh burung itu sendiri, karena ketika lovebird menjadi sehat akan membuatnya menjadi aktif bergerak dan berkicau yang secara langsung dapat melatih suara kicauan dan nafasnya menjadi meningkat.

Banyak hal yang meski untuk di perhatikan dalam merawat lovebird itu sendiri, seperti dengan membersihkan kandangnya secara rutin, agar kenyamanan dan kesehatan dapat terjaga.

Bagi pemilik burung , maka sebaiknya perhatikan kandang lovebird itu sendiri, apakah kotor atau tidak, karena kandang yang kotor bisa di tandai dengan menumpuknya kotoran yang sudah tercampur dengan pakan yang jatuh hingga membusuk, dan juga dengan air minum burung yang mulai keruh karena tercampur dengan makanan.

Menjaga kesehatan burung selanjutnya adalah dengan cara memandikan dan menjemur lovebird itu sendiri. Seperti di alam liar, kehidupan lovebird membutuhkan mandai dan juga menjemur di pagi hari atau sore hari. Agar mengembalikan kesegarannya.

Namun , hal terpenting lainnya adalah dengan memandikan lovebird tentunya dapat membersihkan kembali bulu yang kotor dan bersih kembali. Ciri-ciri kualitas bulu lovebird yang terawatt, bisa dilihat dari terlihat bersih di sekitar bulunya dan sedikit mengkilap dan rapih dan tidak kusut.

Pakan yang bisa di berikan untuk lovebird, banyak sekali. Akan tetapi untuk pemberian pakannya di imbangi antara gizi kebutuhan dari lovebird itu sendiri, sehingga burung tidak memiliki badan yang terlalu gemuk atau kurus, karena jika terlalu gemuk berpengaruh bagi kualitas suara kicauannya dan juga kesehatannya.

Untuk pakan itu sendiri bisa di berikan berupa jagung muda,toge, milet putih, milet merah,kangkung putih telur rebus dan makanan lainnya yang di sukai oleh lovebird.

Referensi :

https://kicaumania.net/cara-ternak-lovebird/