Hal-Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Rumah dengan KPR

Membeli rumah bisa menjadi pengalaman yang sangat mengasyikkan, terutama bila membutuhkan perjuangan besar dalam mewujudkannya. Solusi untuk mendapatkan rumah dengan waktu singkat adalah dengan kredit rumah. Anda harus membandingkan dan menghitung simulasi kredit rumah sebelum memutuskan untuk mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Sehingga, Anda bisa mendapatkan pencerahan tentang keuangan, harga dan biaya yang harus Anda tanggung.

Membeli Rumah KPR

Membeli Rumah KPR

Sekarang ini, sudah banyak situs yang menawarkan perhitungan simulasi kredit rumah beserta bank yang melayani KPR. Tak hanya itu, bahkan juga membantu pengajuan kredit rumah secara online seperti situs CekAja.com. Selain menawarkan KPR dari berbagai bank, juga menawarkan produk lainnya dari banyak bank. Kembali ke KPR, sebelum Anda menghitung simulasi, pertimbangkan beberapa hal di bawah ini dulu!

Kawasan Lokal

Membeli rumah tidak seperti menyambar sebungkus permen karet di meja kasir. Dengan kata lain, pastikan Anda tidak membeli secara impulsif. Banyak pembeli pertama kali berharap mereka telah mengambil mempunyai banyak waktu untuk mengecek keseluruhan rumah, terutama tentang kawasannya. Apakah ramai, mudah dijangkau, dekat dengan fasilitas umum, apakah sering rusuh atau menjadi ancaman tindak kejahatan dan lain sebagainya. Langkah pengecekan ini sama pentingnya dengan menghitung simulasi kredit rumah.

Pastikan Anda Memiliki Keuangan yang Tepat

Memang awalnya membeli kredit itu sangat mudah. Tapi, pastikan Anda sudah siap uang untuk DP dan biaya pertama kali yang dikeluarkan. Jangan dapat uang DP dari berhutang juga karena akan menambah sengsara hidup Anda. Perkirakan penghasilan Anda setiap bulannya, apakah benar-benar cukup untuk membayar angsuran kredit rumah atau tidak. Pastikan angsuran kredit rumah tidak lebih dari 30% dari jumlah tabungan Anda.

Evaluasi Properti

Ketahui secara mendetail tentang perumahan yang ingin Anda beli. Bagaimana bangunannya, bahannya benar-benar bagus atau tidak, pondasinya kuat atau tidak, lebih rendah atau lebih tinggi dari jalan rasa dan sebagainya. Mengevaluasi properti merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan rumah yang bisa ditempati dalam waktu lama.

Periksa Bahaya

Anda harus selalu memeriksa bahaya lingkungan yang mungkin berdampak pada keseluruhan nilai properti. Bahaya yang diketahui dapat berdampak besar pada rumah Anda, termasuk masalah dengan asuransi dan nilai. Jika rumah Anda berada di zona banjir yang diketahui, ini bisa berarti bahwa asuransi Anda tidak mencakup Anda untuk setiap potensi bencana.

Bandingkan Harga Rumah

Sebelum Anda memilih rumah dan kredit KPR dari satu bank, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu. Pertimbangkan harga atau nilai rumah yang satu dengan yang lainnya. Setelah itu, perhatikan pula bunga dan besar angsuran saat pengajuan KPR. Untuk itu, Anda bisa menggunakan simulasi kredit rumah untuk memilih kredit rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.