Gelar TEKNIK OTOMOTIF yang Relevan untuk Anda

Gelar TEKNIK OTOMOTIF yang Relevan untuk Anda akan kami paparkan dibawah ini. Teknik otomotif adalah cabang teknik mesin yang menyangkut desain, pengembangan dan pembuatan mobil, truk, motor serta kendaraan bermotor lainnya. Insinyur otomotif juga merancang dan menguji banyak subsistem atau komponen yang terdiri dari kendaraan bermotor.

Gelar Teknik Otomotif

Gelar Teknik Otomotif

Sangat sedikit universitas yang menawarkan gelar sarjana teknik otomotif. Akibatnya, banyak calon insinyur otomotif memperoleh gelar sarjana teknik mesin dari sebuah universitas yang juga menawarkan kursus khusus teknik otomotif. Untuk mendukung keahlian mahasiswa, alangkah baiknya jika mereka membaca berita bisnis yang ada.

Persiapan sekolah

Siswa sekolah menengah yang bercita-cita menjadi insinyur otomotif harus mengembangkan landasan yang kokoh dalam aljabar, geometri, trigonometri dan pra-kalkulus, fisika serta kimia. Mata pelajaran ini sangat penting terlebih lagi untuk merancang mesin mobil seperti Suzuki Ertiga. Mahasiswa teknik otomotif membutuhkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan yang efektif serta kemampuan dalam praktek. Siswa SMA harus mengikuti penempatan lanjutan atau kelas perguruan tinggi untuk membantu mempersiapkan mereka dalam kursus teknik universitas.

Memilih Sekolah Teknik

Mahasiswa teknik harus memilih perguruan tinggi atau universitas yang diakui oleh Badan Akreditasi untuk Teknik dan Teknologi. Dalam mengevaluasi seorang pemohon pekerjaan insinyur otomotif, beberapa pengusaha mempertimbangkan reputasi sekolah teknik yang diikuti oleh sarjana lebih dari faktor lainnya. Namun, sebagian besar pengusaha lebih fokus pada nilai sarjana dan jumlah pengalaman langsungnya. Akibatnya, setiap perguruan tinggi atau universitas yang mempromosikan kompetisi desain dan balap nasional di mana siswa mendapatkan pengalaman langsung akan menjadi pilihan yang tepat. Siswa juga harus mencari magang atau peluang lain yang akan memaksa mereka menerapkan kursus ke situasi kehidupan nyata. Seiring waktu, sekolah tidak akan sepenting pengalaman dan keterampilan teknik yang ditawarkan sarjana.

Gelar Teknik Otomotif

Sarjana

Karena tidak banyak sekolah menawarkan program gelar sarjana teknik otomotif, sebagian besar calon mahasiswa otomotif mengikuti program teknik mesin. Ini karena teknik otomotif adalah cabang teknik mesin dan oleh karena itu, banyak kelasnya sama.

Namun, beberapa sekolah menawarkan program teknik mesin yang mencakup kursus teknik otomotif seperti:

  • Dinamika mobil
  • Otomotif elektronik
  • Bagian mesin
  • Teori mesin diesel
  • Sumber energi alternatif
  • Sistem sel bahan bakar

Biasanya dibutuhkan waktu empat tahun untuk menyelesaikan gelar sarjana teknik. Selama setahun terakhir, siswa harus menyelesaikan proyek desain, baik sendiri atau dengan siswa lain. Setelah lulus, insinyur baru tersebut harus bekerja di bawah pengawasan seorang insinyur profesional berlisensi untuk beberapa tahun tertentu, tergantung pada ujian negara bagian, lulus dan ujian Engineer-In-Training dan Professional Engineers untuk menjadi insinyur profesional berlisensi.

Gelar Master

Gelar magister teknik otomotif tidak diperlukan untuk bekerja di lapangan, namun gelar semacam itu akan memberi siswa pengetahuan dan keterampilan teknik otomotif khusus. Selain itu, program gelar master menawarkan kesempatan penelitian bagi siswa. Dibutuhkan sekitar dua tahun untuk menyelesaikan program gelar master di bidang teknik otomotif.

Studi meliputi:

  • Desain dan manufaktur
  • Energi dan lingkungan
  • Bahan
  • Kebisingan dan getaran
  • Powertrain
  • Dinamika dan control
  • Elektronik dan perangkat lunak computer
  • Ergonomi

Untuk mendapatkan gelar master, siswa harus memenuhi persyaratan tesis universitas atau menyelesaikan proyek akhir.

Gelar Online

Beberapa universitas yang menawarkan gelar teknik otomotif online melakukannya hanya di tingkat magister. Siswa hanya memperoleh pengetahuan teoritis dari gelar master online. Siswa tidak menerima pengalaman langsung, yang penting untuk mendaratkan pekerjaan di bidang teknik otomotif. Program online berasumsi bahwa siswa mendapat pengalaman langsung saat memperoleh gelar sarjana. Oleh karena itu, program gelar master online di bidang teknik otomotif ditujukan untuk insinyur otomotif yang bekerja.

Apa yang Membuat Gelar Teknik Otomotif Begitu Penting?

Program pendidikan ini lebih berfokus pada pengembangan mahasiswa di lapangan kerja. Masa magang, dijalankan selama minimal enam hingga delapan bulan. Pendidikan profesi ini akan menggandeng sejumlah industri sebagai mitra. Teknikal Memorandum sendiri merupakan sebuah laporan dalam penyelesaian masalah yang ada pada industri terkait.

Baca Juga: http://berita.usm.ac.id/berita-terbaru-bisnis-online-gratis-tanpa-modal/

Usai menyelesaikan pendidikan profesi pada teknik otomotif, para mahasiswa akan diikutsertakan pada seleksi yaitu rekrutmen karyawan oleh perusahaan mitra. Namun sebelum dinyatakan lulus, mereka harus mengikuti tes uji kompetensi untuk mendapatkan titel Insinyur Profesional (IP). Gelar tersebut akan disematkan oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Mahasiswa yang telah lulus dari program ini bisa bekerja di luar negeri minimal di tingkat ASEAN.