Sudah Tahu 5 Fitur Tersembunyi di iPhone ini?

Apple merupakan salah satu vendor smartphone high-end yang menjadi favorit orang Indonesia. iPhone didesain istimewa, simple, namun istimewa. Dibalik kecanggihan dan kemawahan fitur yang ditawarkan Apple pada iPhonenya, ada beberapa fitur tersembunyi yang sampai saat ini hanya diketahui sebagian penggunanya. Berikut lima fitur tersembunyi iPhone yang wajib Anda coba.

IPhone

IPhone

Keyboard Menjadi Trackpad

Siapa yang sangka keyboard iPhone bisa disulap menjadi trackpad. Hanya sebagian pengguna iPhone yang sadar akan fitur tersembunyi ini. Cara untuk mengubah keyboard iPhone menjadi trackpad cukup menekan dan menahan terus keyboard kemudian gunakan jari untuk memindahkan kursor menjadi teks. Menariknya, pengguna iPhone bisa melakukan itu tanpa perlu mengetur layar iPhonenya. Namun sayangnya tidak semua keyboard iPhone ini bisa berubah menjadi trackpad. Fitur ini berkalu untuk iPhone yang punya kemampuan 3D touch seperti iPhone 6 dan iPhone 7.

Waterpass Digital

Tak perlu repot lagi untuk mengukur kerataan tanah atau memastikan foto serta lukisan Anda sudah digantung dengan benar. iPhone yang Anda miliki punya fitur waterpass  pada aplikasi built in tamabahan yang tersembunyi di belakang kompas. Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya membuka kompas dan geser ke kiri. Anda akan menemukan alat yang fungsinya mirip seperti waterpass alias alat untuk mengukur beda tinggi permukaan tanah.

Backspace di Kalkulator

Pernah merasakan geram ketika salah ketik angka pada kalkulator? Anda tidak perlu menghitung dari awal lagi. Apple rupanya menyediakan fitur backspace pada iPhone yang berfungsi untuk menghapus nomor yang Anda masukkan terakhir pada kalkulator. Caranya geser ke kiri atau kanan di bagian atas layar tempat angka ditampilkan. Ingin menggunakan kalkulator dengan fungsi ekstra? Caranya cukup ubah mode ponsel dalam mode lanskap. Kalkulator iPhone akan berubah menjadi kalkulator untuk profesional.

Hide Foto Pribadi

Teman Anda mungkin sering meminjam iPhone untuk melihat koleksi foto atau video yang tersimpan di gallery. Tak perlu khawatir bila Anda menyimpan koleksi foto atau video yang sensitif dan hanya untuk koleksi pribadi, cukup sembunyikan foto atau video tersebut. Apple rupanya menyediakan fitur hide photos videos yang memudahkan untuk penggunanya menyembunyikan beberapa konten yang bersifat pribadi. Caranya cukup pilih salah satu atau beberapa foto atau video yang ingin Anda sembunyikan. Tekan tombol share dan pilih hide. Otomatis foto dan video yang Anda pilih tidak akan muncul dalam tampilan moments di gallery moments, collection, dan years. Jika ingin mengembalikan seperti semula cukup akses albums hide pada gallery iPhone Anda.

Ada Fitur Menemukan iPhone yang Hilang

Sebagian orang menganggap aplikasi Apple Health tidaklah penting. Namun dibalik aplikasi tersebut ada manfaat yang bisa Anda peroleh. Jika iPhone Anda hilang aplikasi tersebut sangat membantu. Caranya dengan mengisi bagian medical ID pada aplikasi Apple Health. Pada medical ID, Anda harus mengisi sejumlah kolom informasi diantaranya kontak keluarga terdekat. Bila sudah diisi, kolam tersebut akan muncul di layar kunci. Saat seseorang yang menemukan iPhone Anda dengan mengetuk tombol emergency, sejumlah informasi kontak yang Anda isi sebelumnya akan terlihat.

Tak hanya itu. Anda juga bisa melacak keberadaan iPhone yang hilang melalaui fitur Find My iPhone. Futur ini memungkinkan Anda melecak keberadaan iPhone melalui sebuah peta. Cara mengaktifkannya buka menu setting, pilih general, kemudian klik Apple ID, pilih Cloud.

Itulah beberapa fitur tersembunyi iPhone yang ternyata sangat bermanfaat.