4 Tips JALAN KAKI Jauh Anti Pegal

Banyak tempat wisata di luar negeri yang ramah terhadap para pejalan kaki. Biasanya tempat-tempat memiliki trotoar yang cukup luas dan juga dihiasi dengan tanaman pinggir jalan. Itulah sebabnya banyak yang sedang berjalan kaki dibandingkan harus dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi saat jalan-jalan di luar negeri.

Tips Jalan Kaki

Tips Jalan Kaki

Namun bukan berarti tujuan wisata domestik di dalam negeri juga tidak menarik. Ini bahkan beberapa kota besar di Indonesia mulai berbenah dan memberikan fasilitas yang lebih nyaman untuk para pejalan kaki. Misalnya di kota Bandung, sepanjang Jalan Dago sudah dibuat trotoar yang lebih luas dan juga dilengkapi dengan beberapa bangku bangku taman yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Jika sudah memiliki tiket pesawat dan hotel untuk liburan tahun baru keluar negeri, ada baiknya kamu juga mengikuti beberapa tips berikut ini agar kamu bisa jalan kaki tanpa rasa pegal yang berlebihan.

  1. Gunakan alas kaki yang nyaman

Bella sepatu atau alas kaki yang nyaman untuk dibawa jalan jauh. Bagi perempuan, sebaiknya hindari menggunakan sandal atau sepatu dengan hak yang tinggi. Akan lebih nyaman jika kamu menggunakan sepatu kets atau sneakers sehingga lebih ringan dan tidak berat untuk dibawa jalan kaki jauh sekalipun.

Sesuaikan sepatu dengan tempat wisata yang kamu pilih. Jika kamu memang memiliki rencana untuk naik gunung atau hiking dengan Medan yang terjal, sebaiknya pilih sepatu gunung yang kuat tapi tetap nyaman. Namun jika kamu memiliki wisata yang berkaitan dengan air seperti air terjun dan sungai, sebaiknya kamu menggunakan sandal gunung yang memiliki bantalan namun tetap empuk dan juga anti selip meskipun dalam kondisi hujan atau jalanan yang basah.

Jika kamu berjalan kaki di tengah kota misalnya mengeksplorasi sebuah kota di luar negeri, lebih baik kamu menggunakan soal dengan permukaan yang rata, soal dengan permukaan yang rata akan membuat pergerakan kamu tidak terhambat dan lebih nyaman untuk jalan kaki lebih lama. Lebih baik tidak menggunakan sepatu yang baru dibeli karena biasanya sepatu yang baru dibeli masih terlalu kaku.

  1. Istirahat Tiap 30-60 menit

Perjalanan jauh membutuhkan stamina yang prima. Begitu juga dengan kaki kamu yang tidak bisa dipaksa terus-menerus untuk berjalan kaki meskipun hanya keliling kota. Ada baiknya kamu memiliki jeda waktu untuk istirahat misalnya ambil jeda istirahat tiap 30 menit satu kali atau tiap 60 menit 1 kali.

Menggunakan ritme yang tidak terlalu cepat namun juga tidak terlalu lambat. Yang penting kamu tetap nyaman untuk berjalan kaki dan juga tetap memperhatikan jalan. Jangan pernah memaksakan diri untuk berjalan kaki lebih jauh lagi jika memang kondisi kamu sudah kelelahan.

Kamu bisa menggunakan transportasi umum sebagai salah satu cara untuk mengistirahatkan kaki kamu. Selanjutnya kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Intinya kamu harus bisa memahami Kapan kamu harus jalan kapan kamu harus berhenti.

  1. Jangan Sampai Dehidrasi

Berjalan kaki juga bisa memungkinkan kamu untuk kekurangan cairan tubuh, apalagi jika kamu berjalan kaki pada siang hari. Waktu terbaik untuk berjalan kaki adalah pada pagi hari dan pada sore hari. Pada malam hari kamu juga bisa berjalan kaki untuk mengunjungi beberapa tempat, misalnya sambil berwisata kuliner.

Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh beberapa negara maju adalah tersedianya beberapa tempat atau kran air minum yang bisa diakses dengan gratis tanpa harus membayar. Yang perlu kamu lakukan hanya menyiapkan botol kosong agar kamu tidak perlu selalu membeli air mineral saat berjalan kaki menyusuri sudut kota tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

Pastikan cairan tubuh tetap terjaga. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak membuat kamu sulit untuk bergerak saat berjalan kaki. Minimalkan barang bawaan atau beban sehingga kamu tidak perlu kerepotan saat berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh.

  1. Istirahatkan Kaki dengan Treatment Direndam dalam Air Garam Hangat

    Salah satu resep orang tua zaman dahulu untuk mengatasi pegal-pegal adalah dengan cara merendam kaki dalam air garam hangat. Jika kamu sudah memiliki tingkatan orang lain dan sudah berada di dalam hotel yang kamu pilih kamu bisa menggunakan bathtub untuk merendam kaki. Pastikan kamu membeli garam dulu di toko kelontong terdekat.

    Jika Hotel kamu tidak memiliki sebuah bathtub, kamu bisa meminjam wadah seperti baskom atau ember yang cukup untuk merendam hingga betis atau mata kaki. Air hangat berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah sedangkan garam berkhasiat untuk anti radang dan meredakan sakit.

Itulah tips jalan kaki jauh anti pegal yang bisa kamu tiru. Selain menggunakan cara-cara tersebut tidak ada salahnya jika kamu membawa balsam atau aromaterapi sebagai salah satu cara untuk mengatasi pegal saat dalam perjalanan. Pastikan sebelum berangkat kamu sudah menyiapkan dokumen bukti booking tiket hotel online yang kamu pilih di tempat tujuan.